IT’S NOT ABOUT THE DESTINATION, IT’S ABOUT RIDE !

Bentang alam Indonesia itu begitu indah dan berlimpah gan, bahkan seluruh duniapun mengakuinya.
kita tak akan pernah kehabisan tempat untuk traveling. Ada saja tempat seru yang bisa kita kunjungi.
Kebetulan ane & si doi sama-sama gak betah berada di rumah, jadi seringkali ane membuat bucket list tempat-tempat yang ingin ane kunjungi. Dan kemudian barulah kita membuat Itenerary lengkapnya.
Salah satu hal yang membuat kita excited adalah karena perjalanan ini sepenuhnya menggunakan motor…. yeay… !

Tapi pasti bakalan ribet dan capek banget ya kalo traveling naek motor???
kenyataanya gak seribet itu kok, berikut ini alasan-alasan kenapa ane & si doi lebih suka traveling dengan motor  :

1. Lebih Hemat

Yups pastinya…. Ini adalah alasan paling utama jika bepergian, BUDGET. Kalau agan traveling jangan cuma modal nekat ya…. modal dana adalah yang utama sangat perlu dipersiapkan. Sebelum bepergian buatlah catatan kecil berisi anggaran apa saja yang nanti akan dikeluarkan, misalnya untuk biaya menginap, bensin, dan makan.
Nah, dengan menggunakan Motor hanya akan mengeluarkan biaya BBM saja bukan…. selain itu untuk biaya penyeberangan dengan kapal ferry untuk motor juga relatif murah.

2. Lebih Flexibel dan Accessible

Jika diperhatikan, beberapa tempat menarik di Indonesia berada di lokasi yang lumayan mblusuk dan sulit diakses dengan kendaraan. Kalaupun bisa, harus menggunakan kendaraan khusus dan akan sangat menguntungkan jika menjelajahinya dengan menggunakan sepeda motor. Bukannya apa-apa, body sepeda motor yang relatif kecil dibandingkan mobil cenderung membuatnya lebih fleksibel dan bisa mencapai tempat-tempat yang lokasinya kurang accessible.

Karena body nya yang tidak terlalu memakan ruang, sepeda motor juga lebih fleksibel dibandingkan mobil. Misal untuk urusan parkir. Memarkir motor jauh lebih gampang dibandingkan memarkir mobil, tentu saja.

Kadang, saat berniat mengunjungi sebuah tempat tertentu, kita akan melewati sebuah tempat menarik dengan pemandangan yang sangat Instagramable. Naik motor memungkinkan kita untuk berhenti sejenak dan mengambil beberapa foto. Emang kalau naik mobil tidak bisa berhenti? Bisa. Tapi harus mencari tempat parkir terlebih dahulu. Ya kalau ada, kalau tidak?

Sebagian besar tempat-tempat menarik di Indonesia berupa alam. Dan tak jarang lokasi tempat-tempat menarik tersebut tidak gampang diakses menggunakan kendaraan bermotor, Apalagi mobil.
karena kondisi jalan yang sempit, berbatu dan tak jarang juga berlubang – lubang yang terkadang juga tanjakan tinggi. diDisini, pengguna sepeda motor boleh berbangga 😉

 

DCIM101DRIFT

Mblusuk di jalanan yang rusak pun hajaaar !

 

DCIM101DRIFT

Bisa masuk-masuk ke jembatan kecil

 

p_20160309_151231

Kalo ada view bagus bisa melipir dulu buat foto-foto

 

3. Banyak Menemukan Hal-hal yang Tak Terduga Ketika di Jalan

Serunya lagi kalau traveling dengan motor itu bakalan menemukan hal-hal tak terduga selama di jalan, entah itu pengendara lain yang tidak berhati-hati, Ibu-ibu yang nyelonong, tersesat di jalan, dan mendapatkan view emejing yang belum pernah kita lihat sebelumnya dan kejadian-kejadian seru lainya yang membuat kita merasa tidak pernah bosan dan mendapatkan pengalaman-pengalaman serta teman-teman baru yang akan agan dapatkan selama diperjalanan.

DCIM102DRIFT

Ringin Contong, Landmark Kota Jombang

 

DCIM102DRIFT

“Tulisan di belakang truck” menghibur anda di jalan raya 😀

 

p_20160309_155617-1

Menemukan tempat baru, “PLTA Pacitan”

 

DCIM102DRIFT

Ketemu boncenger laen….. embeeeeek……

 

screenshot_2017-01-25-11-18-31_1_1

“Empty Road” ditengah-tengah tebing batu kapur

 

screenshot_2017-01-25-11-18-04_1

Melihat keindahan bukit-bukit lucu seperti Bukit Teletubies

 

Nah, untuk agan yang tertarik melakukan traveling dengan cara Bikepacking ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar perjalananmu tetap aman & nyaman :

1.       Pastikan motormu dalam kondisi prima.
Sebagus apapun kondisi sepeda motor kamu, pastikan untuk di maintenance dulu, untuk menghindari mogok di tengah perjalanan. Bawa ke bengkel sebelum ber – bikepacking, sekedar mengganti oli, setting ulang rem atau cek tekanan udara pada roda akan sangat berguna.
p_20160309_041425
2.       Keep Safety Riding.
Keselamatan itu nomor wahid, jangan lupa memakai helm standar, jaket, protector, sarung tangan, masker dan jangan lupa memakai sepatu khusus touring.  Selain itu pastikan STNK dan SIM yang lengkap. Dan yang tak kalah penting jangan lupa untuk membawa jas hujan walau tidak dalam musim hujan.
file_000
3.       Bawa obat-obatan.
Selain memastikan diri kita dalam kondisi fit, tetap jangan lupa untuk membawa obat-obatan seperti minyak kayu putih, obat merah, tisu, kapas, koyo, obat diare, obat flu, dan tolak angin.
4.       Jangan terlalu banyak bawaan.
Ingat kita travelling naik motor jadi bawalah peralatan yang memang benar-benar penting dan dibutuhkan. Sebaiknya pakailah box yang khusus untuk motor karena akan lebih fleksibel dan rapi ketika membawa barang-barangmu.
14642260_10202400696216914_2654845682912869699_n

 Adventure = Hal yang membuat seseorang kembali “Hidup”!

Bukit – Bukit Indah Ini Bakalan Menyejukkan Matamu

Kalo uda denger kata “Bali” pasti langsung kepikiran dengan Pantainya yang sangat indah ya gan ….. Kuta, Nusa dua, Jimbaran. But Wait…. !!! Ternyata bukan cuma Pantainya saja lho yang indah… Kalau mau menjelajah dan mencarinya maka kita akan menemukan bukit-bukit yang sangat menawan dan jauh dari perkotaan. Bukit-bukit ini benar-benar mampu merefresh otakmu yang ruwet daah…. !!!! Let’s Go there buddies…..

1.Bukit Campuhan – Ubud

Siapa sih yang gak tau tentang keindahan dan kedamaian di Desa yang terletak di Kabupaten Gianyar ini… Yap… Ubud merupakan salah satu destinasi favorit di Bali. Di sinilah mereka bisa menikmati Bali yang sebenarnya. Ubud yang di kelilingi oleh sawah yang terhampar luas di sepanjang jalan, dominasi pemukiman pelukis dan pemahat patung serta ritual adat istiadat yang masih sangat bisa di rasakan adalah beberapa faktor daya tarik dari Ubud. Siapa sangka Hotel Campuhan yang sangat populer dan terletak tidak jauh dari pusat keramaian Ubud memiliki jogging track dengan view yang sangat menyegarkan mata. Kebanyakan orang memanggilanya dengan nama “Bukit Campuhan” karena terletak persis di belakang Hotel Campuhan. Namun meskipun begitu, bukit Campuhan ini bisa di akses secara umum dengan sangat mudah. Kita bisa mengawali nya dengan mudah dari persimpangan di sebelah hotel campuhan. Saking indahnya view di Bukit ini maka tidak heran jika banyak dipergunakan untuk tempat prewedding. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit ini adalah pagi hari (Jam 06.00 – 08.00) atau sore hari (16.00 – 18.00) meskipun udaranya sejuk tapi  jika sudah agak siang dan matahari mulai meninggi maka akan terasa sangat terik bahkan bisa sampai menggosongkan kulit agan.

DSC04659

Waooow ada Awan Kinton….

DSC04759

Greenpeace supporter

DSC04674

Perpaduan antara hijau, biru, dan putih itu mantap beneerrrr…. !!!

DSC04695

“Jika Aku Menjadi ….”

 

2. Bukit Asah

Bukit Asah adalah tempat eksotis yang sangat indah…. Sebuah bukit dengan view tebing dan lautan yang biru ini bakalan manjain kamu-kamu yang haus akan belaian alam. Tempat ini terletak di Karangasem ujung timur pulau Bali. Untuk menempuh Bukit Asah bisa menggunakan mobil/motor, namun ane sarankan lebih baik naik motor saja karena akses jalan yang sempit tidak memungkinkan mobil masuk lokasi. Sehingga parkir mobil jaraknya cukup jauh dengan lokasi yang mengharuskan agan untuk berjalan kaki yang pastinya cukup buat agan ngos-ngosan :D. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari menjelang sunrise dan  sore hari menjelang sunset, sangat tidak disarankan untuk kesini siang hari karena sangat terik dan panasnya cetaaaarrr….. (berdasarkan pengalaman) heheheh :D.

DSC05181

Akses Road

DSC05185

Bukit-bukit menjulang yang menantang hempasan ombak laut lepas

DSC05194

Pulau Paus

DSC05213

Lukisan Hidup karya Maha Kuasa

DSC05216

Our adventure team “FR2 Bikers Community”

Bukit asah cocok juga untuk tempat camping, karena tersedia area yang cukup luas untuk membentangkan tenda serta sudah tersedia pula jasa penyewaan tenda. Ketika kami datang kesana kebetulan adalah pas musim kemarau sehingga terlihat sangat gersang, Bukit Asah akan terlihat hijau segar ketika musim penghujan tiba. Nanti kalau kesana lagi pas musim hujan akan kami update lagi fotonya 🙂 .

3. Bukit Jambul

Bukit Jambul terletak di kabupaten Karangasem – Bali sebenarnya bukanlah tempat wisata. Namun jika agan kebetulan lewat di jalan ini ketika menuju Pura Besakih sempatkanlah singgah untuk melihat dan mengagumi keindahanya. Di tempat ini juga tersedia Restoran dengan pilihan menu yang beragam namun tidak bikin kantong bolong, hehehe 😀
View Bukit Jambul memang bisa banget menyejukkan matamu, dengan latar sawah berundak – undak seperti hamparan karpet, serta bunga-bunga dan view pegunungan yang sangat menawan.

DSC05262

Ini bukan hamparan karpet ya sob…..

DSC05263

IMG_9397

Makan siang dengan view kayak gini tuuuuh….? hmmmmmm

 

Nah, itulah tadi Pesona Bukit-bukit indah yang ada di Bali. Semoga bisa menjadi referensi untuk menghabiskan weekendmu ya guys ;). Biar gak stress karena dibilang kurang piknik yaaa hihihihih 😀

“Ketika kita bersedih, luangkanlah waktu untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui indahnya alam semesta ini”

EXPLORE, ENJOY, SAVE AND CARE, NOT JUST TOURISM

Belakangan ini traveling menjadi kegiatan yang ngehits di kalangan anak muda. Semakin banyak mengexplore tempat – tempat baru maka semakin banggalah mereka dan menjuluki dirinya sebagai “Petualang Sejati”.
Berlomba – lomba mendatangi tempat baru, update status, poto – poto, chekin location, makan – makan, dan akhirnya “BROOK… !!!” nyampah sembarangan deh…. *ooops*
Nah, ini ne yang sangat disayangkan yaitu kurangnya kepedulian terhadap lingkungan.

Miris banget rasanya setelah melihat di artikel & berita tentang banyaknya tempat – tempat wisata tersebut telah ternoda oleh tangan- tangan tak bertanggung jawab itu. Bukankah Tuhan telah menciptakan alam yang indah ini buat manusia untuk mengingatkan kita akan kebesaran-Nya.

“Maka nikmat Tuhan manakah kamu dustakan?” -Ar Rahman (55) : 18

Lihat saja Pulau Sempu di Malang (walau belum pernah kesana sih). Sekarang ini ia tak lebih dari surga kecil yang ternoda.

IMG_5387-750x500

Lautan tenda, dan sampah di sudut – sudut Pulau Sempu (www.tanpakendali.com)

Well… Bro & Sis… silahkan jika mau liburan dan refreshing untuk melepas penat dan bersenang-senang menjelajahi alam, namun jangan lupa untuk menjaga alam kita agar tetap lestari, sedap dipandang, dan tetap perawan.
Bawa pulang sampahmu, karena nyampah sembarangan itu gak asyik brooo…… !!!

Kalau ane & si doi sendiri sih memang tidak terlalu suka ke tempat ramai bin crowded. Karena tujuan utama kita Traveling adalah berpetualang dan mengagumi indahnya suguhan alam agar kita lebih bersyukur atas apa yang Tuhan berikan buat kita, bukan cuma sekedar berwisata 🙂 .

Rela gak sih kalo tempat yang masih sunyi & alami ini di hancurkan oleh tangan – tangan jail manusia yang tidak bertanggung jawab?

IMG_8661

Heey…. Little flower… Tunjukkan jalan menuju surga yang tersembunyi itu

DSC05144

My tourmate are : Sandal teplek, mini backpack, and you….. :-*

 

DSC05132

Keindahanya masih terjaga, bersih, gak ada yang nyampah sembarangan

DSC05134

Heeeey…. wait…. !!! Don’t leave me, hold my hand and let’s walk together 🙂

DSC05143

Menjauh dulu dari kebisingan dunia

DSC05131

Gulungan ombak yang seolah mengajak bermain

DSC05146

Biarkan alam menyapamu dalam kesunyian….

“Ingat, traveling itu bukan perlombaan siapa yang paling cepat atau paling banyak mengunjungi sejumlah tempat. Traveling adalah cara kita untuk menumbuhkan kesadaran kita sebagai manusia dan menanggalkan ego kita.” – (http://www.hipwee.com)

 

KEEP MOVING ON

bike

“Kehidupan ini seperti roda yang berputar, kadang di bawah… kadang di atas…”

Adakalanya ketika kita merasa hidup dalam kemudahan, yakni apa yang diinginkan tercapai, apa yang diharapkan selalu terwujud, menjadi orang yang selalu beruntung…. itu artinya kita sedang berada di atas.
Namun jangan berbangga diri dulu, karena roda terus bergerak…. yang diatas itu perlahan-lahan akan turun juga.
Dan ketika ternyata posisinya terbalik disitulah baru sadar, bahwa ternyata jalanan yang dilewati itu begitu keras…
Melewati bebatuan & kerikil yang tajam, terkena aspal yang panas, jalanan berliku, menanjak dan bahkan tertusuk paku yang akhirnya mengempeslah ban itu sehingga tidak bisa berjalan lagi.

Kalo sudah begitu lantas apa harus menyerah,
membiarkannya begitu saja !
pasrah dengan keadaan?
“Life teach us to never give up”

Jangan menyerah…. !!!
Terus bergerak… Kayuhlah sepedamu walau peluh bercucuran, jangan biarkan roda itu stuck di tempat. Kembalikan roda keatas lagi sampai kepada tujuan hidupmu.

“Life is like riding a bicycle.
to keep your balance, you must keep moving”
-Albert Einstein

*Edisi memotivasi diri sendiri*

Sepahit Kopi Hitam

IMG_9176

Kenyataan mungkin tak seindah harapan
Harapan mungkin terlalu tinggi untuk diwujudkan.

Impian terkadang membawa kita terbang terlalu tinggi, sampai lupa cara untuk menapakkan kaki lagi ke bumi.
namun ketika kita sudah merasa diatas awan…. Hempasan angin mulai terasa berat & dingin…. lantas tiba-tiba menerpa dan menjatuhkan kita…. GUBRAK…. !!!
Sakit sekali bukan rasanya…..

Kopi hitam yang sedang kuhisap malam ini mengingatkan aku untuk tidak memandang hidup terlalu manis dan berwarna warni seperti permen dan ice cream….
Terkadang kita perlu juga merasakan sesuatu yang pahit, agar kita sadar bahwa hidup memang tidak pernah seindah yang kita bayangkan.

Atau mungkin…. kopinya belum di aduk dengan sempurna, sehingga hanya pahit saja yang berasa. Akan kunikmati kopi ini hingga keampasnya, karena pasti akan kutemukan manis sesudahnya :).

*Edisi memotivasi diri sendiri*

 

Melihat Kehidupan Kecil

Pernahkan kita menengok ke bawah dan memperhatikan kehidupan lain yang lebih kecil dari kita?

Ternyata manusia memang tidak hidup sendirian, karena sesungguhnya manusia hidup berdampingan juga dengan mahluk lainya… Seperti tumbuhan & hewan. Kalau hewan seperti gajah, jerapah, komodo dll gitu mungkin kita sudah terbiasa melihatnya… lantas bagaimana dengan hewan-hewan yang ukuranya lebih kecil?

Berawal dari GGS (Gowes – Gowes Sore) yang melewati sebuah persawahan yang diapit oleh bangunan perumahan, terlintas sebuah pikiran ketika melihat sawah-sawah yang menghijau ini…. mungkin beberapa tahun lagi sawah ini sudah ditumbuhi bangunan kokoh yang megah hunian manusia… mungkin udara segar yang sekarang kita hirup berubah menjadi polusi yang menyesakkan dada. Lalu bagaimana nasib mahluk-mahluk penghuni lahan itu? apa mereka akan digusur tanpa dana kompensasi, atau di alihkan ke kebun binatang?.

Manusia memang mahluk yang paling sempurna dalam segala, namun karena hal itulah mereka jadi merasa berkuasa. Tidakkah kita sadar bahwa kehidupan para satwa semakin terancam akan ulah manusia yang merampas habitatnya, bahkan mahluk yang kecil sekalipun.

Well, kehidupan mahluk-mahluk kecil memang sangat menarik untuk dilihat, yuk…. mari kita simak kehidupan mereka lebih dekat dari hasil jepretan amatir si doi hanya dengan kamera pocket saja 🙂 .

DSC05093

Si mungil yang cantik

DSC05097

Capung kuning sedang memandangi sungai yang keruh

DSC05102

Sang Laba-laba berusaha membangun rumahnya

DSC05106

Entah apalah namanya, yang jelas dia imyuut bangeeet

DSC05112

Gak tau namanya apa ini, tapi kalo di kampungku nyebutnya pakpong

Ternyata alam ini diciptakan dengan jutaan misteri yang tidak kita ketahui . Bukan misteri yang membuat kita takut, tapi misteri yang membuat kita bergairah untuk mengetahuinya.
“Kasih sayang diciptakan untuk manusia agar kita tidak lalai, tidak ceroboh dan betul-betul bisa memelihara alam semesta” -Susilo Bambang Yudhoyono

2 BENDUNGAN INDAH DI JEMBRANA – BALI

Sore-sore gini paling enak JJS (Jalan Jalan Sore), tapi enaknya kemana ya?
Bosan dengan nuansa pegunungan atau pantai. So, Ke Bendungan aja yuuk… !

Yup, kalau denger kata bendungan mungkin sungai/kali brantas besar dan kotor yang ada di benak kita. Eeets… jangan negative thingking dulu dong… 2 Bendungan yang ada di Kab. Jembrana Bali ini pasti akan menyejukkan matamu. Simak yuk, ini dia :

1. Bendungan Palasari

Bendungan Palasari adalah bendungan terbesar di Bali. Bendungan dengan luas 100 hektar, dapat menampung air dengan volume 8 juta kubik. Dinamakan bendungan Palasari karena terletak dusun Palasari, desa Ekasari, Kec. Melaya, Kab. Jembrana Bali. Untuk mengunjungi bendungan ini membutuhkan waktu sekitar 26 km sebelah barat kota Negara, dari kota Denpasar sekitar 120km.

Tidak perlu khawatir mengenai akses jalanya, karena sudah sangat baik berkat perhatian pemerintah setempat dan sudah ada petunjuk arah yang sangat membantu ente mencapai tujuan.

DSC04998

Melewati perkampungan yang sangat tenang dan kental dengan ciri khas Bali

 

DSC05000

Akses jalan yang bagus

Dan ternyata tiket masuk ke bendungan ini tidaklah mahal, cukup merogoh kocek sekitar Rp 1000-2000. Waoow sangat ideal untuk tempat JJS bukan?. Dan jangan diragukan lagi, bendungan ini memiliki panorama yang sangat indah. Berlatar pegunungan dan sungai yang bersih serta udara yang sejuk membuat batin dan pikiran menjadi tenang dan rileks. Semilirnya angin akan memanjakan ente untuk betah berlama-lama disana. So, tempat ini sangat ideal untuk sekedar tempat nongkrong atau pelepas penat sesaat. Tak heran jika banyak muda-mudi, orang dewasa, anak-anak, dan bahkan ada memancing di tempat ini karena banyak terdapat ikan air tawar di tempat ini.

DSC05002

Beautifull scenery

DSC05010

Cocok buat JJS & nongkrong

DSC05007

DSC05024

Mancing mania…..

???????????????????????????????

Don’t forget to take a picture

menurut informasi Bendungan Palasari ini pada awalnya merupakan waduk pengendali bencana banjir dan irigasi bagi lahan pertanian. Jika musim hujan bendungan ini sebagai penampung air hujan sehingga lahan pertanian disekitarnya tidak terkena dampak yang diakibatkan oleh air hujan tersebut, sedangkan jika musim kemarau bendungan ini sebagai sarana untuk mengairi lahan pertanian yang ada disekiranya sehingga petani tidak mengalami gagal panen jika musim kemarau tiba.

DSC05013

???????????????????????????????

2. Bendungan Benel

Bendungan Benel terletak di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Bendungan Benel ini terletak kurang lebih 10 km di sebelah barat pusat kota Negara yang bisa ditempuh dengan waktu tak lebih dari 20 menit.

Akses jalan untuk sampai kesana terbilang baik juga, walau ada beberapa jalan yang agak berlubang. Tapi selama dalam perjalanan menuju Bendungan Benel kita pasti tidak akan bosan karena ditemani dengan pemandangan sawah yang begitu menghijau dan jalan yang berkelok-kelok serta pohon-pohon yang rindang.

DSC05062

Persawahan yang menghijau

DSC05064

Akses jalan yang baik

Menurut informasi Bendungan Benel ini dibangun untuk tujuan pertanian dimana para petani disekitar bendungan kini seringkali kekurangan air sehingga hasil panennya terganggu. Bendungan Benel pun kemudian dibangun dengan fungsi utama sebagai sarana irigasi bagi penduduk kawasan Jembrana.

DSC05069

Eh, iya untuk memasuki lokasi ini ternyata tidak dikenakan biaya lho…. alias gratis hehehe :D. Padahal di depan pintu masuk sebenarnya ada pos penjagaan dan penarikan tarif masuk, tapi waktu kita kesana sepi tidak ada yang jaga.

Bendungan yang terbilang besar dan luas serta didukung kondisi hutan lindung yang hijau yang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata atau sekedar nongkrong dan bisa juga untuk tempat memancing karena terdapat banyak ikan air tawar. Udara di Bendungan ini juga sangat sejuk karena letaknya di daerah pengunungan dan juga Bendungan Benel memiliki pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh banyak pepohonan. Tempat ini sangat cocok bagi kita yang merasa sangat jenuh dengan kehidupan di kota yang begitu sumpek dan banyak polusi.

DSC05079

DSC05078

DSC05081

DSC05085

DSC05087

Dengan kehadiran Bendungan Benel & Bendungan Palasari ini diharapkan dapat menambah hasil pertanian di daerah kabupaten Jembrana – Bali dan juga dapat difungsikan untuk mengendalikan banjir. Waah… ternyata banyak juga ya manfaat dari bendungan, ini kali pertamanya ane melihat bendungan dan sangat terpesona dengan keindahanya:) .

“Alam ini diciptakan dengan jutaan misteri yang tidak kita ketahui. Bukan misteri yang membuat kita takut, tapi misteri yang membuat kita bergairah untuk mengetahuinya”.