Nuansa Berkabut di Tawangmangu

Aaaaak aku butuh piknik….. !!!
Aku pengen menghirup udara segar, ke tempat yang sejuk & tenang…
rasanya paru-paru ini udah penuh banget sama asap polusi, tumpukan kerjaan, dan omelan si bos…. iya nyesek banget rasanya apalagi pas lihat teman-teman yang bisa piknik ke tempat-tempat keren.
Setelah membujuk rayu si doi, akhirnya Nyepi ini kita memutuskan untuk touring ke Jawa sekaligus mengunjungi orang tua 🙂

Touring kita kali ini sekaligus menghadiri acara gathering salah satu komunitas keren yang hobby touring sama photography, yaitu Ridetography.

Rute perjalanan kita kali ini bakalan estafet…. memang membutuhkan waktu yang agak lama, namun cukup efektif juga untuk menghemat tenaga sembari menikmati perjalanan kita. “It’s not about the destination, it’s about ride” (kata si doi).
dan yang tak kalah pentingnya kita hanya akan melakukan perjalanan di siang hari karena malam adalah waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi, selain itu juga karena faktor keamanan…. kebetulan perjalanan ini hanya kita berdua saja.

  • Day I : Perjalanan start dari Denpasar – Gilimanuk – Jombang

Jalur ini sudah biasa kita lalui, namun yang perlu diperhatikan adalah jalur ini tidak terlalu besar serta berkelok – kelok dan relatif padat dengan truck & bus. Karena banyak tikungan dan ada beberapa tanjakan jadilah banyak truck-truck yang mogok dan otomatis membuat jalanan macet. Tapi bersyukurlah karena menggunakan motor jadi  bisa nyelip-nyelip tetap lancaaarrr jayaaa…. !!!!!

15403016_10202661982748914_2104535447_n

Siap nyebrang… !!!!

p_20160304_082408Horreeey sampai juga di penyeberangan ….

Selama di kapal ferry sekitar 90 menit tidak akan pernah bosan… apalagi jika cuaca cerah, birunya laut…. awan-wan putih serta landscape dari gunung-gunung di Banyuwangi yang indah bakalan menghiburmu selema perjalanan.

Sampailah di pulau Jawa….. !!!!!!!
Entah kenapa rasanya seneng banget kalau sudah menginjakkan kaki di tanah ini… tanah jawa… tanah lahir beta… yeaaah….. !
Welll… jangan senang dulu guys karena perjalanan masih harus berlanjut sekitar 8 jam lagi, pfuiiihhhh….
what a long long journey… but we will create our great moment  😉
Jalur pantura merupakan jalur alternatif menuju kota Jombang, akan tetapi di jalur ini jalananya lumayan parah… berlubang, dan bergelombang di sekitar jalan Situbondo – Probolinggo…..
Yang belum pernah ngerasain surfing di laut jangan khawatir, lewati saja jalur ini, Amboi…. !!!!
mantap beneerrr berasa surfing ditengah ombak…. yang mana motor jadi papan surfingnya saking bergelombangnya jalan ini 😀
Ada insiden yang cukup konyol ketika ane melewati jalanan ini….
bagaimana bisa helm ane dengan  tiba-tiba terlepas dari kepala ane dan terguling-guling di tengah jalan raya….
Ya Tuhan….. untung itu bukan kepala ane, cuma helm… iya cuma helm yang jadinya malah lecet-lecet dan ada pecah dibagian kacanya alahasil tidak bisa dibuka tutup… Hikz 😥
and finally…. sampailah juga di Jombang kota kecil yang mungkin tidak kelihatan di peta ini adalah kota yang teramat sangat ane rindukan…. Emaak…. Bapaaak…. anakmu pulaaang :’)

  • Day II Jombang (jatim) – Tawangmangu (jateng)
p_20160305_054403

Getuk Lindri & Kopi item khas buatan Emak

Syukur alhamdulillah… istirahat semalam membuat energi kita pulih kembali….
betapa senangnya kalau berada di rumah sangat dimanjakan oleh Emak & Bapak… pagi-pagi udah dibangunkan dengan beginian 😉

Perjalanan masih berlanjut…..
Setelah berpamitan dan minta doa restu orang tua, ane & si doi pun kembali melanjutkan perjalanan.
Ternyata jalur Perak – Madiun tak ada bedanya sama jalur yang kita lalui kemarin…. BERGELOMBANG !!!!
punggung ane sampai remuk rasanya karena harus berhadapan dengan box belakang… arggghhhhh harus bertahan 3 jam lagi ne……
Yup, tujuan kita adalah Telaga Sarangan yang ada di Magetan, yang terkenal sangat indah dan sejuk…. kalau ngebayangin apa yang bakalan kita dapetin itu rasa penat jadi terlupa yak :’) begitulah cara kita mengatasi kepenatan selama perjalanan.

WELCOME TO TELAGA SARANGAN

fb_img_1457830742137

Baru masuk uda langsung disambut oleh si penunggu telaga

 

12800212_10201522341258589_8614397609011539160_n

Makan Sate Kelinci dulu…. mengobati perut-perut yang keroncongan *Gak tega lho sebenarnya* 😦

Telaga Sarangan adalah obyek wisata andalan Kabupaten Magetan. Telaga alami ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Palosan, Kabupaten Magelang, Jawa Timur yang berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan.
Banyak cara untuk bisa menikmati indahnya Telaga Sarangan, selain bisa berkuda keliling area telaga juga bisa menggunakan speed boat. Banyak warga sekitar yang sekedar ingin refreshing disini bahkan juga ada turis-turis domestic hingga manca lho… waoooow…. wisata Indonesia mulai banyak dilirik sama turis asing ya guys.
Di pinggiran Telaga juga banyak toko-toko souvenir seperti baju dan kerajinan tangan lainya… pokoknya komplit deh.
Setelah puas menikmati indahnya Telaga Sarangan perjalananpun berlanjut…..
meskipun mendung dan gerimis rintik-rintik kita tidak boleh kalah… itu semua bagian dari tantangan perjalanan kita !.
Perjalanan mulai melewati tanjakan dan hutan-hutan khas area pegunungan…. yak inilah jalur Cemoro Sewu yang mistis tapi viewnya sebenarnya bagus bangeet…. sayang kabut menutupi keindahanya.

p_20160305_131053

beginilah jadinya… Seperti memasuki dunia lain, kabut tebal…. dingin menusuk tulang…..

 

Bagaimana tidak berasa mistis auranya… karena di jalan inilah kaki Gunung Lawu berada….

tapi…. gak usah dibahas lah yaa kemistisan-mistisanya diluar itu jalan Cemoro Sewu ini luaaarrr biasaaa indah dan sangat menantang untuk dijelajahi…. trust me ! 😉

WELCOME TO TAWANGMANGU RESORT

fb_img_1457290120310

Just arrived… don’t forget to smile 🙂

Di tempat inilah diadakanya acara yang sangat… sangat…. menarik yaitu “Travel Documentation Workshop” yang diadakan oleh Ridetography.
Ane & si doi sangat antusias untuk mengikuti acara ini, walaupun sempet diguyur hujan sepanjang sore hingga malam tak menyurutkan niat para peserta yang kebanyakan datang dari luar daerah lho….
Ada yang dari Surabaya, Kediri, Temanggung, Jogja, dan pastinya dari Bali *senyum-senyum sendiri* 😀
Malam itu adalah acara inti dari workshop ini, Pak De Riza Amrullah adalah Travel photography senior yang karya-karyanya tidak diragukan lagi sebagai pembicaranya…
Beliau banyak memberikan tips-tips dan tehnik-tehnik pengambilan foto yang baik khususnya ketika berbikepacking. Selain itu ada juga puisi-puisi yang menyentuh serta expresi yang menggilitik dari salah satu sesepuh juga… tapi maaf lupa siapa namanya hehehehe
Pokoknya acara ini seru banget… selain dapat ilmu juga dapat teman baru…
Semoga tahun depan bisa diadakan acara sekeren ini lagi yaa 🙂

fb_img_1457291172846

Suasana camp ground di malam hari (ridetography.doc)

 

fb_img_1457349772629

candid (by : om Fajar)

 

p_20160306_071233

Morning Tawangmangu 🙂

and finally… we have to say good bye….
Thank you teman-teman Ridetography semoga tahun depan bisa ketemu lagi :’)

  • Day III : Tawangmangu – Jogjakarta

Perjalanan ini kami awali dengan doa pastinya, dengan ketidaknyenyakan tidur semalam karena udara dingin yang membuat kita gusar dan susah memejamkan mata, dibumbui dengan suasana mistis kaki gunung lawu serta beberapa cerita horor dari teman-teman yang memang bisa merasakan kehadiran “mereka”.
Hanya semangatlah yang membuat roda motor ini terus berpacu dengan jalanan yang licin karena guyuran hujan semalam, dan panas terik, dan secara tiba-tiba hujan deras di area kebun teh Karanganyar. Tapi syukurlah… kita sempat berfoto ketika hujan belum turun walau agak sedikit mendung.

Hijau, sejuk, segar..... Aaaak gak mau pulaaaang

Hijau, sejuk, segar….. Aaaak betaaaah

 

p_20160306_114835

Kayak bukit Teletubbies yak… inilah Kebun Teh Karanganyar Jateng

Wisata Kebun Teh Kemuning berada di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah atau sekitar 10 kilometer timur laut dari jalur utama Solo- Tawangmangu. Perkebunan teh ini merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah yang berada di kabupaten karanganyar. Pesona alam pegunungannya masih asri, Udara sejuk dengan suhu rata-rata 21,5 derajat celcius. Lokasi tepat perkebunan ini ada di 11,10-11,250 BT dan 7,40-7,60 LS. Ketinggian tempatnya bervariasi antara 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut dengen kelembaban berkisar 60 – 80 persen dengan penyinaran matahari hanya 40 – 55 persen.
Menikmati indahnya kebun teh ini bakalan lebih komplit rasanya kalau sambil meneyeruput teh panas yang fresh dan mantap khas Karanganyar ;).
Wisata Kebun Teh Kemuning berada di antara Candi Sukuh dan Candi Cetho. Candi Palanggatan dan Menggung.
Sebenarnanya pengen mengunjungi juga Candi Sukuh yang terkenal di Karanganyar, yaitu Candi yang mirip banget sama punya suku Maya di Meksiko sana….
Tapi karena guyuran hujan jadilah kita meneruskan perjalanan saja… suatu hari nanti ane & si doi pasti bisa kesana :).

Candi Sukuh & http://travelingyuk.com/Candi Sukuh & Chichen Itza http://travelingyuk.com/

 “Difficult roads often leads you to beautiful destinations”
– One Horizon – (Pak De Riza Amrullah)

Advertisements

One thought on “Nuansa Berkabut di Tawangmangu

  1. Pingback: Nuansa Berkabut di Tawangmangu | Wawa Sakura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s