Love Ride, Love Journey : Pre Wedding Photo Session

Foto pre wedding atau foto pra nikah sekarang ini sudah menjadi trend bahkan keharusan. Akan tetapi bukan hanya sekedar ikut-ikutan tren yang ada juga lebih ke mengabadikan setiap moment yang terjadi dalam hidup kita karena pernikahan itu hanya sekali seumur hidup (Amiin semoga bisa langgeng) maka proses serta moment-moment indah itu harus diabadikan termasuk foto pra pernikahan ini akan menjadi sangat penting karena akan dikenang seumur hidup. Apalagi ane dan si doi sangat senang sekali mengabadikan moment (alias narsis) hehehe :-D.

Kita pasti pernah mendengar ungkapan seperti ini “sebuah foto dapat mengungkapkan ribuan kata”, maksud dari ungkapan tersebut adalah foto dapat bercerita atau menggambarkan kondisi yang terjadi dalam moment foto tersebut. Jadi tidak hanya sekedar jeprat jepret mesra, namun juga memiliki arti yang terkandung didalam setiap foto yang diambil dengan ekspresi yang natural dan tanpa dibuat-buat. Nah, maka dari itu kita menginginkan foto yang tidak biasa dengan konsep yang berbeda yang belum terlalu mainstream dengan budget yang tidak menguras kantong. Dan berikut ane punya beberapa tips mengenai foto pre wedding hemat versi ane dari pengalaman dan dokumentasi pribadi.

1. Konsep/Tema

Yapp! konsep menjadi salah satu hal yang paling penting dalam melakukan foto pre wedding. Karena dengan konsep yang jelas dan tepat, foto prewed akan memberikan nuansa yang indah serta akan terlihat bermakna dan berbeda. Namun jangan sampai salah memilih konsep yaa… niatnya pengen bikin konsep yang unik dan beda yang ada jadinya malah aneh. So, yang masih sewajarnya aja memilih temanya. Sekarang ini konsep/tema untuk foto prewed sudah semakin berkembang dari mulai tradisional, hobby, casual, klasik, atau true story dari perjalanan masa pacaran. Kalau ane dan si doi menggunakan konsep “Love Ride, Love Journey” karena kita suka berpetualang dan jalan-jalan.

IMG_2616

With Vitzy, Toyota Yaris

IMG_2575

With Polygon Premiere 2.0

IMG_2645

With Satria FU Full Box

2. Budget

Nah, setelah itu tentukan budget sesuai dengan tema yang akan dibuat kira-kira mencukupi apa tidak. Misalnya untuk sewa gaun, make up, biaya transportasi & akomodasi, biaya masuk tempat lokasi prewed, jasa fotografer, serta properti yang akan digunakan. Bagi pasangan yang tidak ingin ribet dan ingin langsung all in, biasanya lebih suka menggunakan WO (Wedding Organizer) atau lebih memilih paket-paket foto prewed yang ditawarkan oleh jasa studio foto pada umumnya. Namun ente harus merogoh kocek dalam-dalam untuk itu alias MAHAL.

3. Tempat

Tempat untuk melakukan foto prewed bisa indoor ataupun outdoor tergantung dari tema yang akan dibuat. Misalnya di pantai, gunung, gedung tua, sawah atau di studio foto dengan background-background yang simple dan menarik. Pilihan lokasi yang tepat akan membantu ente merasa lebih santai & nyaman pada saat pemotretan sehingga akan lebih mudah mendapatkan foto pre wedding yang bagus. Saran dari ane pilihlah lokasi yang bebas dari pungli (pungutan liar) karena banyak oknum-oknum yang memanfaatkan foto prewed, dan ketika masuk tempat wisata tertentu perhatikan juga biaya masuk lokasinya karena akan ada charge khusus untuk foto prewed yang cukup mahal.

IMG_2758

Menjajaki alam yg tak pernah tersentuh merupakan hadiah terindah petualang sejati

IMG_2508IMG_2504IMG_2573IMG_2597

4. Waktu

Sediakanlah waktu yang cukup antara sesi pemotretan pre wedding dengan hari “H”, paling tidak sekitar 1 bulan sebelum hari pernikahan. Karena melakukan pemotretan pre wedding biasanya dilakukan 1 hari penuh dari pagi sampai sore dan hal ini akan cukup menyita energi. Namun untuk konsep foto pre wedding outdoor tertentu, disarankan untuk memulai pemotretan setelah subuh, sekitar pukul 5.00 pagi atau sore hari menjelang matahari terbenam. Seperti waktu itu ane dan si doi bela-belain bangun dini hari untuk persiapan foto prewed dan berangkat subuh-subuh demi mendapatkan golden moment dan perfect sunrise. Disarankan untuk pengambilan foto tidak terlalu siang, karena pencahayaan kurang bagus/terlalu berlebih dan akan menyebabkan mata silau karena terkena paparan cahaya matahari yang terik.

IMG_2353

Golden moment

IMG_2412_edit

Perfect sunrise

IMG_2677

When the sun is coming up

IMG_2539

Nyengir, akibat terkena teriknya matahari

5. Style Foto

Setiap orang memiliki selera yang berbeda beda apakah romantic, classic, lifestyle ala foto model, ataukah fun. Berkoordinasilah dengan fotografer yang akan memotret style dan pose apa yang anda inginkan untuk foto pre wedding sehingga akan tercipta foto pre wedding yang sesuai dengan style dan kepribadian anda. Namun foto prewed akan terlihat bagus dan menarik jika diambil secara candid, karena terkesan natural dan tanpa dibuat-buat.

So, Enjoy your pre wedding photography and be your self natural expression… cheeers…. :).

IMG_2571IMG_2490IMG_2606IMG_2735IMG_2702IMG_2693IMG_2725IMG_26026. Make up

Untuk make up sebaiknya jangan terlalu tebal dan menor ya sob… cukup minimanilis tapi manis. Namun, jangan sampai foto prewed tanpa polesan make up sama sekali, karena hanya akan membuat wajahmu terlihat pucat dan kurang fresh. Apabila ente memutuskan untuk di make up oleh salon/make up artis sebaiknya request untuk tidak terlalu over saja, karena dengan make up yang over malah membuat wajahmu tidak natural dan kinclong ketika terkena jepretan kamera. Dan Apabila memutuskan untuk make sendiri sebaiknya pilih warna foundation yang sesuai sama kulitmu dan tambahkan bulu mata palsu yang tidak terlalu tebal agar terkesan manis :).

IMG_2421

Make up salon

IMG_2736

Make up sendiri

7. Fotografer

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah Fotografer, karena Fotografer adalah partner dalam membuat foto pre wedding. Sekarang ini banyak sekali fotografer yang sanggup membuat foto-foto indah seperti yang anda inginkan. Tapi hati-hati tidak semua fotografer bisa cocok dengan karakter anda dan pasangan, dan biasanya untuk menyewa seorang fotografer yang bagus perlu mengeluarkan biaya yang tidak murah. Nah, ane punya tips untuk memilih seorang fotografer sebaiknya dari temen kita sendiri atau yang mempunyai hobby fotografi. Karena selain sudah akrab, pastinya kita tidak segan untuk memintanya mengambil gambar sesuai dengan keinginan kita tanpa merasa sungkan atau canggung. Selain itu seorang teman fotografer yang sudah dikenal juga dapat nego masalah harga (ini point yang utama). So, budget ente gak membengkak hanya untuk foto pre wedding saja. Ingatlah bahwa biaya pernikahan yang sesungguhnya akan banyak mengeluarkan dana.

6. Properti

Eeetss… jangan anggap sepele masalah properti, karena hal ini tidak kalah pentingnya dengan yang lain. Yup! dengan adanya properti dapat menunjang pengambilan gambar yang bagus dan juga gaya/pose yang lebih bervariasi. Gak mau kan foto kamu terlihat membosankan dengan pose yang itu-itu aja…. Yess! propertilah solusinya, namun tetap sesuaikan dengan konsep yang dibuat. Banyak yang bisa dijadikan properti misalnya payung, bunga, boneka, alat-alat piknik, dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir karena apabila menggunakan jasa WO atau paket foto pre wedding biasanya sudah include dengan propertinya kok ;).

IMG_2502IMG_2755IMG_2613IMG_2535

Itu tadi beberapa tips membuat foto pre wedding dari ane, semoga bermanfaat dan mendapatkan foto prewed yang indah. Karena foto prewed tidak hanya akan dipajang di undangan dan di pajang di acara resepsi saja melainkan akan menjadi sebuah kenangan selamanya :).

“Follow your heart, guided by your conscience. Neither follow trends, nor avoid trends for the sake of being unique” – DuaRansel

 

Advertisements

2 thoughts on “Love Ride, Love Journey : Pre Wedding Photo Session

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s